Minggu, 18 November 2012

cara mempercepat kinerja laptop

 Anda merasa laptop anda lambat? Berikut adalah cara mempercepat kinerja laptop yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan performa laptop. Saya asumsikan anda memakai Windows 7, jadi tips berikut ini leboh optimal digunakan di Wondows 7. Meskipun sebenarnya, pada dasarnya optimasi laptop yang kita lakukan ini bisa digunakan di hampir semua Operating System, baik di Windows XP, Vista, 7, 8, ataupun Linux. Karena cara mempercepat laptop itu pada dasarnya akan berkutat pada masalah optimasi registry, optimasi hard disk, optimasi RAM, dan optimasi display. Juga beberapa tweaking Windows yang kembali lagi ke registry.

Mengapa laptop menjadi lambat? Pertanyaan ini biasanya muncul ketika kita sudah menggunakan laptop sekitar 3 bulan atau lebih. Pada awal baru beli, laptop bisa berkerja cepat. Booting-nya cepat, shut down juga cepat, membuka aplikasi laptop juga cepat. Apalagi yang membeli laptop dengan cara kredit, pasti muncul penyesalan, mengapa dipakai sebentar sudah lemot. Hmmm, ini bukan berarti masa bulan madu dengan laptop anda sudah berakhir kog.
Berikut adalah penyebab utama laptop menjadi lambat:
1) registry tidak tertata optimal
2) hard disk mengalami fragmentasi
3) terlalu banyak aplikasi yang terinstall
4) terkena virus
5) kekurangan RAM baca selengkapnya: Apa penyebab laptop menjadi lambat? Posting ini membahas mengapa ke lima hal di atas bisa terjadi.

Bagaimana? Kira-kira apa penyebab laptop anda lambat? Apakah salah satu keadaan di atas menimpa laptop anda? Atau barangkali semuanya? Wah, lumayan berat kalau seperti itu nasibnya, hehe….

Ok. Kita langsung saja ke cara mempercepat kinerja laptop. Ada beberapa hal yang bisa kita perbaiki. Meskipun Microsoft mengklaim bahwa Windows 7 adalah OS yang stabil dan optimal, namun, memang masih perlu perbaikan beberapa hal, terutama supaya Windows 7 itu bekerja lebih sesuai dengan cara kita menggunakanya, juga supaya lebih sesuai dengan spesfikasi laptop yang kita punya.

Optimasi Registry
Saya menggunakan CCleaner untuk mengoptimasi registry supaya lebih tertata. Selain itu ada Tune Up Utilities yang lebih lengkap cuman berbayar. Kalau CCleaner gratis. Download CCleaner Terbaru.
Optimasi Hard Disk
Semakin lama laptop digunakan, hard disk juga akan semakin penuh. Perhatikanlah berapa kali anda menyimpan file untuk kemudian anda hapus. Atau berapa kali anda menginstall aplikasi untuk kemudian menghapusnya? Itu semua membuat hard disk anda terfragmentasi. Nah, salah satu cara mengoptimasi hard disk adalah dengan melakukan defrag. Upayakan untuk mendefrag hard disk minimal dua minggu sekali kalau anda intens sekali menggunakan laptop. Kemudian juga, sebelum melakukan defrag, ada baiknya anda bersihkan dulu hard disk anda dari file-file yang tidak perlu. Bersihkan juga Recycle Bin secara berkala.
Optimasi RAM
Optimasi RAM? Memang bisa? Iya, jumlahnya memang tetap. Namun sebenarnya kita bisa mengakali Windows dengan memanfaatkan flash disk jadi tambahan RAM misalnya. Caranya? Baca di sini.
Optimasi Display
Tampilan layar yang terlalu manis dengan effect aero yang penuh transparansi itu sebenarnya sangat memboroskan resource laptop. Itu sebabnya Windows 8 tidak lagi menggunakan Aero dan menggantinya dengan tampilan Metro yang tidak manis sama sekali alias kaku kotak-kotak. Dari sisi display ini, kita bisa mempercepat kinerja laptop cukup signifikan. Coba gunakan Windows theme yang sederhana. Standard saja. Upayakan tidak usah memasang widget tambahan di desktop. Bagus memang, tapi apa ya seperlu itu. Kemudian, kurangi short cut di desktop. Tidak perlu membuat wallpaper desktop Windows 7 anda tertutup dengan short cut kan?
Optimasi Aplikasi
Terinstall Maksudnya, coba periksa aplikasi apa saja yang sudah terinstall di laptop anda. Segera putuskan mana yang tidak perlu ada, atau sudah lama sekali anda tidak memakainya. Kecuali itu software yang anda beli dan anda kehilangan serial numbernya, hapus saja. Hampir semua aplikasi atau software, menempatkan dirinya jadi yang utama, jadi tidak heran kalau beberapa dari mereka memaksa untuk dipanggil pada waktu Windows 7 start up, juga memaksa menerima update terbaru dari internet. Kan? Jadi awasilah start up Windows 7 anda, apa saja yang ada di sana. Tidak perlu, buang.

Kalau beberapa cara mempercepat kinerja laptop windows 7 di atas masih tidak mempan, lakukan 3 hal berikut:
-tanyakan pada teman atau siapapun yang bisa mempercepat laptop anda
-pertimbangkan untuk menambah atau upgrade RAM
-mungkin sebaiknya anda install ulang Windows 7
-kalau ada uang, beli laptop baru yang spesifikasi lebih masuk akal untuk keperluan komputasi anda.

Hampir semua cara mempercepat kinerja laptop di atas bisa kita lakukan dengan memanfaatkan CCleaner, kecuali hard disk defrag. Tune Up Utilities lebih mampu untuk melakukan optimasi laptop dengan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar